Minggu, 30 Desember 2012

Mencuci tangan untuk mencegah penyakit

Di Indonesia, cuci tangan dengan sabun memang belum menjadi suatu kebiasaan. Hal itu dikarenakan peran serta orang tua dalam mendidik anak untuk melakukan kebiasaan mnencuci tangan dengan sabun masih dirasa kurang. Untuk itu dari sekarang biasakan anak untuk mencuci tangan dengan sabun. Namun, mencuci tangan tidak hanya dilakukan dengan mengusap tangan memakai sabun hingga rata tetapi ada beberapa langkah yang perlu dilakukan agar tangan benar-benar bersih dari kuman. Berikut ada beberapa langkah cara mencuci tangan dengan benar.

Gambar di atas adalah cara mencuci tangan dengan benar

Mengapa kita perlu mencuci tangan dengan menggunakan sabun ?.
Pertanyaan tersebut dapat dijawab jika kita tahu bahwa tangan dapat menjadi sumber penularan dari berbagai penyakit. Karena di tangan kita banyak terdapat bakteri patogen yang bisa menyebabkan penyakit seperti diare, disentri, typus, cacingan dan lain-lain.

Biasanya penyakit tersebut sering diderita oleh anak-anak, seperti anak-anak sekolah dasar. Kebanyakan anak-anak di sekolah dasar bermain-main di halaman sekolah lalu mereka juga jajan sembarangan dan setelah jajan mereka tidak mencuci tangan dengan sabun akibatnya mereka sering diare atau bahkan cacingan. Pihak sekolah sudah banyak yang memberikan fasilitas wastafel di kelas, hal itu merupakan upaya untuk mengajarkan kepada anak didik mereka untuk melakukan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun juga dengan air yang mengalir.

Semoga apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya . . . . 
Trima kasih  . . . . . :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar